Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Festival Seribu Rumah Gadang di Solok Selatan

Senin 25 Mar 2019 16:37 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Sadly Rachman

Rumah Gadang di Solok Selatan, Sumatra Barat

Foto: Republika TV/Febrian Fachri
EMBED
Festival Seribu Rumah Gadang (SRG) gelorakan semangat melestarikan adat serta budaya.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG ARO — Festival Seribu Rumah Gadang (SRG) gelorakan semangat melestarikan adat serta budaya Minangkabau terutama di Solok Selatan. Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria ingin masyarakat kenal budaya lama melalui festival tersebut.

Selama Festival SRG kali ini kawasan saribu rumah gadang akan dibentuk menjadi seperti dahulu kala. Sepanjang jalan ada lima titik musik tradisi, dan lima titik silat yang digunakan untuk menyambut para tamu dan di jalan.

Terdapat juga pawai adat dalam perhelatan tersebut. Masyarakat Solok Selatan pawai dengan menampilkan berbagai macam kekayaan adat budaya Minangkabau. Ada yang pawai dengan memeragakan adat menikah, adat kematian, adat meminang, adat berdoa dan banyak lainnya.

Muzni berharap dengan kemeriahan festival SRG ini, masyarakat terutama generasi muda tetap bisa melestarikan adat dan budaya Minangkabau terutama di Solok Selatan ini. Saat ini kata Muzni perkembangan teknologi dan informasi rentan untuk lunturnya adat dan budaya asli masyarakat.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Febrian Fachri     Video Editor | Fian Firatmaja

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA