Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

Sunday, 13 Syawwal 1440 / 16 June 2019

'Hal yang Bisa Dipelajari Inggris dari Indonesia'

Jumat 28 Aug 2015 20:22 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Kedatangan PM Inggris. Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik memberikan keterangan pers kepada jurnalis di Kedutaan Besar Inggris, Jakarta, Ahad (26/7).

Foto: Republika/ Wihdan
EMBED

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengatakan ada beberapa hal penting yang bisa dipelajari Inggris dari Indonesia. Salah satunya adalah Ideologi nasionalisme yang dimiliki dan didukung oleh seluruh rakyat Indonesia. 

Malik mengaku Inggris tidak memiliki ideologi nasionalisme seperti itu. Melalui pengkajian pengalaman indonesia, Ia berpikir Inggris bisa menciptakan ideologi nasionalisme yang sesuai dengan seluruh masyarakatnya. 

Malik juga mengaku kagum dengan dua organisasi besar Islam di Indonesia, muhamadiyah dan NU. Menurut dia, keduanya menawarkan pelayanan sosial dan memimpin agamanya melalui masjid, pesantren, dan Universitas. Keduanya juga peduli dengan isu-isu lain, seperti isu perubahan iklim dan ekonomi. 

Peran pemerintah Indonesia dalam mengendalikan ekstremisme juga dinilai Malik bisa menjadi pembelajaran. Menurut dia, pemerintah Indonesia mampu mengendalikan rakyatnya dari isu tersebut.

 

 

Videografer & Video Editor: Casilda Amilah

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA