Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Para Lebah Penghasil Madu

Jumat 20 Dec 2019 06:02 WIB

Rep: Muhammad Rizki Triyana/ Red: Sadly Rachman

Peternakan Lebah Madu Maribaya Sari Alam Legend Bee di Jalan Mari Baya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
EMBED
Madu berasal dari nektar atau sari bunga yang di hasilkan oleh lebah.

REPUBLIKA.CO.ID, LEMBANG -- Madu, merupakan salah satu minuman berkhasiat untuk dikonsumi. Madu berasal dari nektar atau sari bunga yang di hasilkan oleh lebah. Namun, untuk mengonsumsi madu sebaiknya kita harus mengetahui beberapa jenis madu murni.

Salah satu tempat yang bisa anda kunjungi ialah peternakan Lebah Madu Maribaya Sari Alam Legend Bee di Jalan Mari Baya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Ditempat ini kita akan mendapatkan edukasi jenis serta khasiat madu.

Pemilik peternakan lebah madu, Koswara menjelaskan, ada berbagai jenis lebah madu yang terdapat disini yaitu Melivera, Cerana, Dorsata, dan Trigona. Madu-madu itu merupakan hasil dari ternakan lebah yang ada di sini. Namun, tidak semua lebah dapat dibudidayakan disini. Ada satu jenis lebah yaitu dorsata yang mengharuskan Koswara berburu di dalam hutan, karena jenis lebah dorsata lebih agresif dibandingkan jenis lainnya.

Setiap madu memiliki khasiat yang berbeda-beda. Namun, ada yang menarik yaitu soal madu dengan rasa asam ini. Ya, Trigona, madu incaran yang memiliki kandungan propolis membuatnya menjadi madu unggul dari yang lainya. Dengan karakter lebah yang lebih bersahabat madu ini bisa dipanen kapan saja.

Perternakan madu ini bisa memanen rata-rata 15 kilogram hingga satu kwintal pada musimnya. Madu-madu itu dijual dengan harga Rp 250 ribu hingga Rp 750 ribu tergantung jenis dan jumlah yang akan dibeli. Tak hanya membeli madu saja, edukasi yang diberikan sang pemilik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Muhammad Rizki Triyana

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA