Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Venesia Darurat Banjir

Jumat 15 Nov 2019 10:03 WIB

Rep: Wisnu Aji Prasetiyo/ Red: Sadly Rachman

Gelombang pasang di Venesia, Italia

Foto: Youtube
EMBED
Gelombang pasang melanda kota Venesia, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, VENESIA -- Gelombang pasang melanda kota Venesia, Italia. Lebih dari 85 persen wilayah Venesia pun terendam banjir dengan ketinggian air sekitar 1,87 meter.

Seperti dilansir The Guardian, Wali Kota Venesia Luigi Brugnaro siap menyatakan keadaan darurat. Banjir pun melanda di tengah hujan lebat yang mengguyur kota perairan tersebut.

Aktivitas perahu tradisional Venesia atau gondola yang biasa mengangkut turis berkeliling terganggu akibat banjir. Di sepanjang Grand Canal, para pendayung gondola harus membantu penumpang memanjat bangunan melalui jendela karena kanal-kanal kecil di sana terendam. 

Di Gritti Palace, tempat yang biasa dikunjungi bangsawan dan selebritas tersohor dunia selama puluhan tahun, tergenang air. Karpet-karpet mewah ditumpuk di atas meja, sementara sofa-sofa dan buku-buku bersampul kulit terendam. Penjaga pantai pun menyediakan kapal tambahan sebagai ambulans air.

Brugnaro pun berjanji proyek Mose yang telah lama tertunda dan dirancang untuk mencegah banjir akan dituntaskan. Mose adalah proyek pembangunan penghalang di bawah laut yang dapat dipindah-pindah untuk mengatur genangan air di Venesia. Namun, para ahli lingkungan menilai proyek tersebut merusak ekosistem laguna.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA