Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Penjaga Terakhir Sejarah Pita Seluloid

Sabtu 09 Nov 2019 09:09 WIB

Rep: Muhammad Rizki Triyana/ Red: Sadly Rachman

Firdaus, menjadi satu-satunya penjaga sekaligus perawat gulungan pita film seluloid yang masih tersimpan di Sinematek Indonesia.

Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
EMBED
Firdaus, menjadi satu-satunya penjaga sekaligus perawat gulungan pita film seluloid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Firdaus menjadi satu-satunya penjaga sekaligus perawat gulungan pita film seluloid yang masih tersimpan di Sinematek Indonesia. Lebih tepatnya ia sudah bekerja sejak tahun 1996 di bagian perawatan dan gudang film yang ada di Yayasan Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pekerjaannya tidaklah mudah. Setiap harinya, kehidupan Firdaus dimulai dengan mengambil beberapa gulungan rol film dan ditonton ulang dari ruangan khusus penyimpanan arsip perfilman Indonesia. Tugasnya itu mengharuskan tubuhnya berurusan dengan bau zat kimia yang pekat.

Cairan zat kimia itu berfungsi untuk menangkal ancaman jamur, kotoran, dan bunga air di gulungan pita seluloid tersebut. Tak sedikit rekannya yang memutuskan untuk hengkang dari pekerjaan tersebut karena khawatir mengancam kesehatan.

Meski begitu, ia tetap menekuni pekerjaanya dengan sepenuh hati hingga keberadaannya tidak dibutuhkan kembali. Namun, ada satu impian dalam benak Firdaus untuk dapat mengubah semua gulungan menjadi arsip digital.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Muhammad Rizki Triyana

Editor Naskah | Wisnu Aji Prasetiyo

Video Editor | Fakhtar Khairon Lubis

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA