Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Kopi Puntang Sadarkan Masyarakat dari Kejahatan Lingkungan

Ahad 03 Nov 2019 21:48 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Proses pengolahan Kopi Puntang

Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
EMBED
Kopi bisa membawa seseorang menjadi pribadi yang lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAUNG -- Kopi ternyata tak hanya memberikan kenikmatan bagi penyukanya. Tapi, kopi pun bisa membawa seseorang menjadi pribadi yang lebih baik. Hal itu terjadi pada masyarakat di Desa Campakamulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dari yang tadinya 'penjahat lingkungan,' kini masyarakat beralih jadi petani kopi. Hebatnya lagi, mereka tidak hanya bertani tetapi juga mengolahi kopi sampai pada tahap green been untuk meningkatkan harga jual.

Diawali dari masuknya program Masyarakat Peduli Alam Puntang (Melintang) yang digagas oleh Pertamina EP. Deni Sopian Dimyati selaku warga dan Ketua LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Bukit Amanah mengaku dari program inilah masyarakat tersadar dan beralih mengolah kopi.

Menurut Deni atau yang akrab dipanggil abah Oniel, kopi olahan mereka memiliki cita rasa yang baik. Kopi yang dikenal dengan kopi puntang ini menurutnya pernah dilombakan di luar negeri dan berhasil jadi juara. Kunci utama yang mebuat kopi ini memiliki cita rasa rasa premium adalah penggunaan pupuk kompos atau organik dalam penanamannya.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer & Video Editor | Fian Firatmaja

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA