Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Implementasi Teknologi Robot di Hotel Masa Depan

Senin 23 Sep 2019 23:22 WIB

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Sadly Rachman

Teknologi robot di Hotel Masa Depan

Foto: Republika TV/Indira Rezkisari
EMBED
FlyZoo Hotel menawarkan konsep hotel masa depan yang sudah lebih maju.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Hotel masa depan perlahan sudah mulai bermunculan. Sebagian memang baru sebatas menawarkan pengalaman robot pengantar barang ke hotel. FlyZoo Hotel menawarkan konsep hotel masa depan yang sudah lebih maju. FlyZoo berdiri di Hangzhou, China, sejak 18 Desember 2018.


Saat memasuki lobi hotel pengunjung akan bertemu papan penunjuk untuk self check in. Setelah mendaftarkan diri, pengunjung akan dipindai wajahnya. Pemindaian wajah bertujuan sebagai fungsi naik ke kamar dengan lift serta membuka pintu kamar.

Jangan heran kalau tidak ada akses kunci seperti pintu hotel lain. Melainkan hanya bertemu kamera di pintu hotel.

Di dalam kamar, pengunjung akan dibantu oleh asisten Tmall Genie. Ia adalah sistem speaker pintar yang melalui komando suara dapat digunakan mengatur suhu kamar, menyalakan lampu, membuka tutup korden, menyalakan televisi.
Tmall Genie bekerja 24 jam dalam bahasa China.

Tidak lupa pula ada robot yang bekerja melayani kebutuhan tamu. Mulai dari mengantarkan makanan, minuman, hingga menyajikan hidangan di restoran hotel.

Di lantai dasar hotel terdapat dua robot yang beraksi menyajikan es krim serta berlaku sebagai barista. Setelah memilih pilihan es krim, robot akan bekerja mulai dari mengambil gelas, membuka keran es krim, hingga menyajikannya.

Sedangkan barista robot bekerja lebih kompleks. Ia diprogram untuk dapat menciptakan ratusan mungkin ribuan resep minuman tanpa campur tangan manusia sama sekali.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Indira Rezkisari

Video Editor | Fakhtar Khairon Lubis

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA