Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Pengalaman Belanja di Supermarket Berbasis Teknologi

Kamis 19 Sep 2019 18:16 WIB

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Sadly Rachman

Belanja secara digital di super market Freshhippo, Hangzhou, China

Foto: Republika TV/Indira Rezkisari
EMBED
Transformasi digital merambah supermarket di China.


REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU — Transformasi digital sudah terjadi di pasar basah atau pasar tradisional di kota-kota China. Transformasi serupa pun merambah supermarket di China.


Transformasi digital namun tidak mematikan toko dengan bangunan fisik. Ternyata, dalam urusan belanja bahan pangan dan kebutuhan rumah, masyarakat masih tetap menyukai datang langsung.

Freshhippo adalah nama supermarket yang diinkubasi Alibaba pada 2015. Sejak saat itu seluruh supermarket Freshhippo mengadopsi operasional berbasis digital.

Perbedaan terasa ketika menemukan harga barang di sana ternyata berbasis digital. Artinya, harga barang bisa berubah tergantung situasi. Di label harga juga tertera kode QR. Ketika dipindai, akan tertera beragam detail produk. Mulai dari asal mula hingga saran penggunaan atau pengolahan produk.

Dengan konsep 3 in 1 pengunjung dapat merasakan layanan berbasis teknologi di dalam toko, pengalaman mengonsumsi produk dalam toko, dan pemenuhan pesanan daring. Yang terakhir disebut karena toko juga berfungsi sebagai gudang.

Proses pembayaran di Freshhippo juga dilakukan secara self service. Setelah berbelanja pengunjung cukup memindai kode QR produk ke mesin lalu membayarkan menggunakan Alipay, atau dompet digital dari Alibaba. Setelah itu barang-barang tinggal dimasukkan kantong belanja untuk dibawa pulang.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Indira Rezkisari

Video Editor | Fakhtar Khairon Lubis

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA