Minggu, 17 Zulhijjah 1440 / 18 Agustus 2019

Minggu, 17 Zulhijjah 1440 / 18 Agustus 2019

Singgah Sejenak di Pendopo Sabha Swagata

Jumat 09 Agu 2019 06:09 WIB

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Sadly Rachman

Salah satu sudut kawasan Pendopo Sabha Swagata, Banyuwangi

Foto: Republika TV/Fernan Rahadi
EMBED
Rumah dinas Bupati Banyuwangi yang telah berdiri sejak 1771.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Kalau Anda sedang mengunjungi Banyuwangi maka jangan lupa singgah sejenak di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Ini adalah rumah dinas Bupati Banyuwangi yang telah berdiri sejak 1771 alias telah berusia 348 tahun.

Bangunan ini terletak di kawasan Taman Sritanjung, kawasan yang kerap dipadati warga karena keberadaan taman-taman kota. Semua orang boleh mengunjungi rumah dinas ini meskipun pengunjung diharuskan mengisi absen terlebih dahulu saat masuk ke gerbang utama.

Bangunan pendopo ini pernah dipugar dua kali, yakni pada masa pemerintahan Bupati Harwin Wasisto yang mana terjadi penggantian sokoguru bangunan dari satu tiang utama penyangga menjadi banyak tiang yang menyangga bangunan.

Sedangkan renovasi kedua dilakukan pada masa pemerintahan bupati saat ini, Abdullah Azwar Anas, dimana terdapat perubahan pada atap pendopo, penataan taman sekitar pendopo, dan penggantian pagar menjadi lebih rendah. Renovasi ini juga mengubah wajah pendopo dengan penambahan bangunan mirip bunker yang disebut green house.

Selain itu, juga terdapat bangunan legendaris di belakang pendopo tersebut, yaitu Sumur Sritanjung. Konon, menurut legenda itu adalah sumur tempat dibunuhnya Sritanjung, istri dari Sidopekso. Menurut legenda, darah Sritanjung yang masuk ke sumur tersebut menyebabkan bau wangi sehingga lokasi tersebut dikenal dengan nama Banyuwangi yaitu "banyu" yang berarti air dan "wangi" yang berarti harum.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Fernan Rahadi     Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA