Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Adventure Camp adalah Gerakan Moral

Senin 29 Jul 2019 16:59 WIB

Rep: Yudha Manggala Putra/ Red: Sadly Rachman

Muhammad Anshori atau akrab disapa Ori Kaki Gunung

Foto: Republika TV/Surya Dinata
EMBED
Kegiatan ini bermula dari inisiasi beberapa pegiat alam senior.

REPUBLIKA.CO.ID, CISARUA -- Salah satu penggagas sekaligus penasihat kegiatan Adventure Camp 2019, Muhammad Anshori atau akrab disapa Ori Kaki Gunung mengatakan, kegiatan ini bermula dari inisiasi beberapa pegiat alam senior, seperti Yudhi Kurniawan, Nanda, Joe Item, dan beberapa rekan lain.

Mereka sama-sama punya keinginan membuat sebuah gerakan moral. Gerakan yang dilandasi keprihatinan melihat kian banyaknya kecelakaan di gunung. Hampir semua kasus tersebut disebabkan kesalahan-kesalahan individu.

Kegiatan di alam terbuka, salah satunya adalah mendaki gunung mempunyai dua faktor risiko. Yaitu objektif dan subjektif. Artinya, dari internal dan eksternal. Nah, ini kebanyakan yang terjadi adalah dari internal, yakni ketidaksiapan, kurang pengalaman, ketidakpahaman terhadap peralatan, dan segala macam.

Karena itulah Adventure Camp 2019 yang diselenggarakan pada 26-28 Juli, untuk mengedepankan sisi edukasi. Terutama pada tiga hal. Yakni skill atau keterampilan, knowledge (pengetahuan), dan attitude (perilaku dan etika). Bukan hanya demi aman, ketiga hal ini juga penting agar kegiatan alam bebas menjadi nyaman.

Ori berharap Adventure Camp 2019 dapat memengaruhi dan memicu para pegiat alam lain untuk membuat kegiatan sejenis. Event ini juga dinilainya dapat menjadi barometer kegiatan edukasi untuk pegiat alam bebas.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Tim Republika TV:

Reporter | Sadly Rachman

Reporter | Yudha Maggala Putra

Drone Pilot, Video Editor | Fakhtar Khairon Lubis

Videografer | Surya Dinata

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA