Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Sensasi Berenang di Umbul Ponggok

Rabu 13 Jul 2016 18:59 WIB

Rep: Wisnu Aji Prasetiyo/ Red: Sadly Rachman

Wisata renang Umbul Onggok, Klaten, Jawa Tengah

Foto: ROL/Wisnu Aji Prasetiyo
EMBED

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN -- Olahraga renang di kolam renang mungkin menjadi suatu hal yang biasa. Namun, berenang di kolam penuh ikan dan aneka batuan yang menghiasi dasar kolam tentu menjadi pengalaman yang berbeda.

Umbul Ponggok, menjadi salah satu kolam renang favorit di wilayah Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok menyajikan kolam renang yang berbeda dari kolam lainnya. Masyarakat bisa melakukan renang dan berofoto bersama ikan hias maupun batuan cantik yang menghiasi dasar kolam.

Nuansa seperti berada di lautan inilah yang menjadi keunggulan atau daya jual Kolam Umbul Ponggok. Ikan-ikan tawar yang berada di kolam ini memang sengaja dipelihara. Ukurannya beragam, mulai dari yang paling kecil hingga yang cukup besar. Wisatawan pun tidak perlu khawatir karena ikan air tawar ini sudah terbiasa dengan keberadaan manusia dan sangat jinak. Airnya pun tidak berbau amis karena air didalam kolam ini langsung dari mata air kemudian mengalir ke sungai-sungai di sekitarnya.

Untuk memasuki kolam yang dahulunya dijadikan sebagai irigasi perkebunan tersebut, masyarakat hanya dipungut biaya masuk sebesar Rp 10.000 dan Rp 13.000 untuk hari libur nasional. Bagi masyarakat yang membawa kendaraan pun tak perlu khawatir, Kolam Umbul Ponggok menyediakan fasilitas parkir di sekitar rumah-rumah warga.

Para wisatawan dianjurkan untuk mengenakan pelampung dan alat snorkling yang dapat disewa di tempat penyewaan yang telah disediakan. Untuk menyewa sebuah pelampung dan alat snorkling, wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.

 

Videografer: Wisnu Aji Prasetiyo
Video Editor: Fian Firatmaja

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA