Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Makan Telur Bisa Lebih Murah Hati?

Rabu 04 Feb 2015 16:32 WIB

Rep: Casilda Amilah/ Red: Sadly Rachman

Telur

Foto: Youtube
EMBED

REPUBLIKA.CO.ID, BELANDA -- Sebuah penelitian menemukan orang akan menjadi lebih murah hati setelah memakan telur. 

Penelitian dari Leiden Institut for Brain and Cognition di Belanda telah lama mengetahui bahwa serotonin berkaitan dengan perilaku sosial. Triptofan (TRP), asam amino yang ditemukan dalam telur, akan memproduksi lebih banyak serotonin. 

Pada penelitian ini, 32 partisipan disertakan dalam beberapa tes. Tim peneliti lalu membaginya menjadi dua kelompok, setengah diberi bubuk plasebo dan setengah lainnya diberi suplemen TRP yang setara dengan tiga telur. 

Kemudian, seluruh peserta diberi $15 untuk berpartipasi dalam studi ini, dan ditanya apakah mereka bersedia menyumbangkan sebagian untuk amal. 

Setelah menghitung hasil sumbangan, peneliti menemukan mereka yang diberi TRP menyumbang dua kali lebih banyak dari peserta yang diberi plasebo.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat bagaimana TRP bisa memiliki efek itu. Para ahli menduga adanya keterlibatan dari oksitosin. “Makanan yang kita kosumsi dapat bertindak sebagai penambah kognitif yang memodulasi cara kita berurusan dengan dunia sosial,” tulis laporan itu.

 

Video Editor: Casilda Amilah

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA