Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Menelusuri Jejak Proklamator Bersama Abah Alwi

Selasa 01 Nov 2011 12:43 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

EMBED

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Soekarno-Hatta, dua tokoh bangsa simbol perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya. Melalui dua tokoh ini, yang mewakili seluruh rakyat nusantara, bersepakat untuk menyatukan beragam suku, budaya, etnis dan agama dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berlatar belakang hal itu, jejak keduanya penting untuk diketahui dan dipahami generasi penerus. Melalui event Abah Alwi Jejak Proklamator Soekarno-Hatta, Harian Republika mengajak para masyarakat, utamanya pecinta sejarah, untuk napak tilas mengendus jejak-jeak kedua tokoh ini dalam perjalanan kesejumlah lokasi bersejarah.

Dalam sambutannya, Alwi Shahab, pemerhati sejarah mengatakan akan mengajak masyarakat, terutama pecinta sejarah, menuju sejumlah tempat bersejarah terkait dengan jejak-jejak proklamator Soekarno-Hatta.

Lokasi pertama, rombongan abah Alwi mengunjungi lokasi penculikan Bung Karno dan Bung Hatta oleh para pemuda di Rengasdengklok. Selanjutnya, rombongan menuju Istana Negara dan Istana Merdeka. Setelah rombongan menuju Gedung Joeang 45, Menteng, lalu berlanjut ke Meseum Perumusan Naskah Proklamasi dan Tugu Proklamasi. Terakhir, rombongan menyambangi Gedung Pola untuk melihat foto-foto koleksi perjuangan Bung Karno.

Sekitar 150 orang hadir dalam event Abah Alwi ke-enam. Mereka yang ikut serta cukup beragam. Mulai dari orang tua hingga anak-anak. Semua peserta sepakat, memperlajari sejarah sembari berjalan-jalan merupakan pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikan.

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA