EMBED
Tuesday, 10 October 2017

Lingkungan Nyaman dengan Budidaya Ikan di Selokan

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Selokan Tansah Bedjo memang begitu menginspirasi. Pasalnya, selokan yang telah ditambah fungsikan sebagai budidaya ikan ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya menjaga kebersihan.

Berada di Dusun Singorasen, Desa Wukisari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, selokan tersebut juga mampu meningkatkan ekonomi warga. Revitalisasi selokan dilakukan sebagian masyarakat yang peduli akan lingkungan secara bergotong-royong dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Langkah pertama dimulai dengan pembuatan taman-taman di sekitar selokan, yang perlahan tapi pasti memunculkan keinginan masyarakat lain untuk turut serta. Alhasil, pinggiran selokan tampak begitu tertata dengan keindahan tanaman yang berasal dari jerih payah warga secara swadaya.

Usai pembersihan irigasi pada Mei 2017, mulailah ditebarkan bibit ikan secara swadaya masyarakat. Setelah itu, barulah datang bantuan bibit ikan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Bantul, yang semakin mempercantik selokan.

Kini, selokan penuh ikan itupun menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin melihatnya lebih dekat.

 

 

Videografer:
Wahyu Suryana

Video Editor:
Wisnu Aji Prasetiyo


Redaktur : Sadly Rachman
Reporter : Wahyu Suryana